Produk Siap, Mitsubishi Hanya Tunggu Regulasi Penjualan Mobil Listrik

 

 

Daronboz.com – Mitsubishi Motors Corporation mengatakan kesanggupannya untuk secepatnya menjual kendaraan listrik di Tanah Air. Head of PR & CSR Dept. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Intan Vidiasari mengungkapkan pihaknya masih menanti adanya pengesahan serta penerbitan regulasi terkait mobil listrik.

“Kalau sudah ada ketentuan yang baku, mobilnya kami sudah ada dan siap untuk dipasarkan,” ungkap Intan, di Yogyakarta, Rabu (8/3/2018).

Dia mengatakan bila belum terdapat program pemerintah, agen pemegang merek (APM) maka akan mengalami kesulitan untuk pemasarannya.

“Jelas sulit karena mobil listrik itu kan teknologinya tinggi, kena pajak barang mewah. Jadi belum ada yang mau beli,” katanya.

Mengenai regulasi yang dimaksud, pemerintah juga merencanakan akan memberi insentif untuk pabrikan otomotif berbasis tenaga listrik.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengungkapkan pihaknya telah membahas bersama Kementerian Keuangan (Kemkeu) dan Kementerian Perindustrian (Kemperin) terkait pemberian insentif itu.

“Kami sepakat Bea Masuk kendaraan listrik kalau bisa nol dan juga PPnBM kita usahakan juga nol,” ungkap Jonan.

Sedangkan, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyatakan finalisasi regulasi Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) atas mobil listrik akan secepatnya diterbitkan.

Pengurangan PPnBM yang sedang dibahas yakni sampai 0 persen dan bea masuk 5 persen.

“Ini masih pembicaraan dibahas antar kementerian, tunggu sekitar satu bulan ini,” katanya belum lama ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *