Penjualan Proton Indonesia Mengalami Penurunan

 

 

Daronboz.com – Walaupun pasar otomotif nasional diperkirakan akan stagnan samoai akhir 2017, sejumlah agen pemegang merek (APM) terlihat segar lantaran produknya memang diterima pasar dan menjadi bidikan.

Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) wholesales mulai daru bulan Januari hingga November 2017 mencapai 994.436 unit, angka tersebut lebih banyak dari pada waktu yang sama pada tahun sebelumnya yang hanya 975.842 unit.

Walaupun begitu, terdapat pula sejumlah merek yang penjualannya berkurang sampai akhir tahun ini, yakni salah satunya Proton.

Dari data Gaikindo, pabrikan asal Malaysia ini selama sebelas bulan terakhir hanya memasarkan 12 unit di Indonesia. Angka tersebut memang jauh lebih sedikit dari pada merek yang lainnya.

Angka tersebut diperoleh dari penjualan model Savvy yang dijual pada bulan Februari dan Maret 2017 dengan penjualan masing-masing enam unit.

Bila mengamati produk Proton di Tanah Air, setidaknya terdapat sejumlah model yang menjadi pilihan antara lain Saga, Iriz, Gen2, Persona, Exora, atau Suprima. Tetapi, semuanya tidak menghasilkan.

Selain itu, mengamati data Gaikindo pemasaran produk Proton memang terkalahkan dari sejumlah produk asal Tiongkok ataupun India.

Jumlah penjualan mobil dari Tiongkok mencapai 4.177 unit, angka tersebut diperoleh dari penjualan model Faw 173 unit, serta mobil keluaran terbaru yakni Sokon 86 unit serta Wuling sebanyak 3.918 unit.

Sedangkan untuk pabrikan dari India yakni Tata Motors yang mulai awal tahun hingga saat ini mencapai penjualan 994 unit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *