Motor dengan Mesin Diesel, Apakah Bagus?

 

Daronboz.com – Motor saat ini menjadi kebutuhan hampir setiap orang. Kebanyakan orang saat ini sudah memiliki sepeda motor. Keunggulan yang dimiliki oleh motor membuat motor dapat mencuri perhatian masyarakat luas. Pada umumnya motor menggunakan mesin bensin. Namun tidak jarang pula ada motor yang menggunakan mesin diesel.

Mesin diesel sejatinya merupakan mesin yang digunakan oleh kendaraan besar seperti mobil besar yang biasanya digunakan dalam bidang industri serta bus. Alasan tersebut karena kedua kendaraan itu memerlukan torsi dan tenga yang cukup besar.

Mesin diesel tentu saja berbeda dengan mesin bensin. Mesin bensin menggunakan bahan bakar bensin, sedangkan mesin diesel sendiri menggunkanan bahan bakar solar.

Alasan Motor Bermesin Diesel Tidak Populer

Pasaran yang Sepi

Motor yang menggunakan mesin diesel memang ada di dunia, sebut saja Kawasaki M1030, EVA Track T-800 CDI, APPKTM Gajah  500D, serta Neader Turbo Diesel. Motor-motor tersebut kebanyakan merupakan motor adventure yang memerlukan tenaga besar.

Namun, jika kita lihat saat ini motor yang menggunakan mesin diesel sangat jarang ada. Kebanyakan motor yang kita lihat dan kita gunakan adalah motor yang menggunakan mesin bensin.

Motor yang meggunakan mesin diesel pada umumnya adalah motor yang memiliki bobot yang sangat berat. Bobot yang sangat berat tersebut harus digerakan dengan menggunakan torsi yang sangat besar, sedangkan torsi yang sangat besar tersebut hanya dimiliki oleh mesin diesel.

Ada beberapa produsen motor di dunia yang menggunakan mesin diesel menurut Bikesinida seperti yang telah dikutip dari Viva. Tetapi pada akhirnya produsen motor yang menggunakan mesin diesel tersebut menyerah karena pasarnya hampir tidak ada.

Biaya Produksi Mahal

Alasan lain kenapa motor yang menggunakan mesin diesel tidak sepopuler motor dengan mesin bensin adalah karena biaya produksi yang mahal. Hal tersebut tentu saja wajar, karena mesin diesel memiliki torsi yang besar dan khusus digunakan untuk mobil-mobil yang memiliki bobot yang sangat berat. Jika dibandingkan dengan mesin bensin tentu saja perbandingannya sangat jauh.

Mesin diesel yang digunakan pada motor juga bisa dibilang kurang cocok. Meskipun torsi yang dimiliki oleh mesin diesel sangat besar, namun pada umumnya motor yang melaju dijalanan lebih membutuhkan tenaga kuda yang lebih besar dibandingkan hanya dengan torsi yang besar saja.

Beberapa alasan tersebut membuat motor dengan mesin diesel tidak terlalu populer. Motor dengan mesin diesel sebenarnya sah-sah saja, namun lebih baik jika motor tersebut juga dapat menghasilkan tenaga kuda yang lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *