Menghadapi Mobil Listrik, Toyota Ciptakan Kendaraan Yang Lebih Baik

 

 

Daronboz.com – Pemerintah telah menetapkan bila 20% dari penjualan mobil pada tahun 2025 haruslah dipegang oleh mobil listrik. Bahkan, peraturan mengenai perihal tersebut telah dicantumkan pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 2 Tahun 2017, mengenai Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) dan telah siap untuk disahkan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo beberapa bulan kedepan.

Adanya target tersebut kemudian bagaimana pabrikan yang telah memberikan investasi besar-besaran bagi produksi mobil konvensional seperti Toyota?

Executive GM PT Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopronoto mengungkapkan 80% mobil konvensional akan terus ada sehingga pabrikan akan mendirikan hibrida dan listrik. Sedangkan bagi mobil konvensional sendiri akan berlomba dalam hal teknologi.

“Untuk mesin konvensional, ada VVTi, turbocharger, dan lain-lain. Itu akan jadi salah satu pertarungan menarik secara teknis, karena tujuannya tetap efisiensi bahan bakar,” kata Soerjopronoto, belum lama ini.

Selanjutnya, dia juga mengatakan sehingga kerjasama Toyota dengan Daihatsu akan mempunyai arah menuju tujuan tersebut. Yakni mencari bagaimana menghasilkan kendaraan yang mempunyai efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

“Sebetulnya, bagaimana kombinasi teknologi Daihatsu dan Toyota supaya bisa mempertahankan mobil kompak. Jadi, di negara berkembang itu kita punya mobil kompak dengan efisiensi bahan bakar yang baik,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *